Perjalanan Pertama Ke Pulau Bali

Mata Kuliah : Jurnalistik

Perjalanan Pertama Ke Pulau Bali

Sumber gambar https://www.pegipegi.com

Bali adalah salah satu pulau yang indah di Indonesia. Pulau Bali tidak hanya terkenal oleh wisatawan dalam negeri namun juga wisatawan mancanegara. Saat kelulusan, sekolah-sekolah biasanya akan mengadakan wisata ke Bali. Hal itu juga terjadi kepada saya saat kelulusan SMP. Saya sangat senang karena ini adalah pertama kali wisata saya ke Pulau Bali.
       Perjalanan ke pulau Bali dilakukan pada hari Jumat, 9 Mei 2014. Kami berangkat pukul 07.30 WIB menggunakan 1 bus besar dan 1 bus kecil dengan jumlah lebih kurang 95 orang yang terdiri dari 70 murid dan 25 pendidik. Pada awal keberangkatan semuanya berjalan lancar namun, pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB saat kami sudah sampai di daerah Banyuwangi dan jaraknya tidak terlalu jauh dari pelabuhan Ketapang, bus yang saya tumpangi yaitu bus besar tiba-tiba berhenti dipinggir jalan. Supir bus berkata ada permasalahan dibagian rem bus yang harus diperbaiki, sehingga kami harus menunggu. Beberapa dari kami ada yang turun dari bus untuk duduk di luar dan menghirup udara segara termasuk saya dan ada beberapa orang yang tetap tinggal di dalam bus. Tidak lama setelah itu ada sebuah kejadian yang tidak kami duga, yaitu sebuah kecelakaan tepat di depan bus kami yang berhenti antara sepeda motor dengan mobil pick up yang lokasinya tepat di depan kami duduk, hal tersebut membuat kami sangat terkejut. Orang-orang mulai berdatangan untuk membantu pengendara bermotor yang terluka tersebut namun mobil pick up yang menabrak itu lari. Karena kejadian tersebut saya memutuskan untuk masuk ke dalam bus. Lama menunggu ternyata bus yang kami tumpangi tidak dapat diperbaiki, karena tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak dinginkan akhirnya pihak travel menghubungi bis pengganti sehingga untuk sampai ke pelabuhan ketapang kami harus menumpang bus umum.
       Sampai di pelabuhan Ketapang sekitar pukul 16.00 WIB, sambil menunggu bus pengganti datang, kami menggunakan waktu untuk beribadah dan makan. Lama kami menunggu sampai tengah malam bus pengganti tidak juga datang. Pukul 03.00 WIB dini hari, bus pengganti baru datang dan kami langsung menyebrang ke pelabuhan Gilimanuk Bali. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke penginapan yang jaraknya cukup jauh dari pelabuhan. Di dalam bus saya hanya tertidur sebentar sedangkan yang lainnya tertidur dengan lelap. Sekitar pukul 09.00 WITA, akhirnya kami sampai di penginapan. Sebenarnya di jadwal seharusnya kami sampai di penginapan hari Jumat malam tanggal 9 Mei 2014, namun karena kejadian yang tidak terduga, sehingga kami sampai di penginapan hari Sabtu pagi. Saat di penginapan kami hanya istirahat sebentar seperti makan, mandi, dan berbenah. Kemudian sekitar pukul 11.00 WITA kami melanjutkan perjalanan ke pantai Kuta, Bali. Kami kembali ke penginapan sekitar pukul 19.00 WITA.
       Sekitar pukul 10.00 WITA, hari Minggu, 11 Mei 2014, kami melakukan check out. Kemudian kami menuju ke tempat wisata Tanah Lot, dilanjutkan ke Krisna untuk membeli oleh-oleh, kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke Sidoarjo.
       Meskipun dalam perjalanan ke pulau Bali mengalami banyak kendala dan ketika mengunjungi tempat wisata di Bali saya masih merasakan efek dari perjalanan yang sangat jauh, tetapi saya merasa senang dan menikmati wisata di pulau Bali dengan gembira.